Tuesday, July 8, 2014

Gudeg, Kuliner Wajib Saat Ke Yogyakarta

Gudeg, Kuliner Wajib Saat Ke Yogyakarta

Saat pergi ke Jogja, selain memilih tempat berwisata jangan lupa juga untuk memilih penginapan yang nyaman. 1o1 Jogja Malioboro adalah pilihan tepat, selain nyaman hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat makan gudeg yang memberikan rasa tak terlupakan. Gudeg khas Jogja ini memang sayang sekali bila kalian lewatkan, beberapa pilihannya adalah sebagai berikut:


Gudeg Yu Djum
Asal nama tempat makan ini sangat sederhana, Djum adalah nama pemilik tempat makan gudeg ini dan Yu sendiri berarti kakak perempuan dalam bahasa Jawa. Kalian bisa mengunjungi Jalan Wijilan No 31 untuk menikmati Gudeg Yu Djum ini. Tak jauh dari Kraton Yogyakarta, kalian hanya perlu berjalan ke sebelah timur kemudian saat bertemu pertihaan belok kanan dan kalian akan menemukan lorong Wijilan. Disana memang terdapat banyak sekali penjual gudeg, ya salah satunya adalah Gudeg Yu Djum ini. Gudeg, santal kental, krecek, dan juga beberapa pilihan lauk bisa kalian nikmati disini tentunya dengan nasi hangat. Pilihan lauknya adalah pindang telur, tahu, tempe, daging, dan juga ayam yang diopor. Gudeg Yu Djum ini memang cenderung kering dan warna nangkanya sendiri agak lebih tua. Rasanya enak dan memang membuat hati penggemarnya selalu merindukan gudeg ini saat kembali ke Jogja.

Gudeg Bu Hj Amad
Berbeda lagi dengan Gudeg Bu Hj Ahmad yang sudah ada sejak tahun 1950. Gudeg ini berada di Fakultas Geografi UGM dan kemudian pindah ditahun 1988. Awalnya Bu Amad memang tidak ingin membuka bisnis gudeg, hanya iseng untuk memenuhi kebutuhan karyawan proyek. Tetapi ternyata ada banyak yang mencintai rasa yang disajikan oleh Gudeg Bu Hj Amad. Saat ini, tempat makan gudeg yang terdiri dari dua lantai ini sangat ramai dikunjungi penikmat gudeg. Bahkan, dalam sehari Gudeg Bu Hj Amad ini menghabiskan 1 sampai 2 kwintal nangka muda, sekitar 2000 telur bebek, dan juga 100 ayam kampung. Terbayang kan berapa banyak yang pengunjung yang datang untuk menikmati gudeg di tempat dan juga dibawa pulang. Rasa yang diberikna Gudeg Bu Hj. Amad ini cenderung gurih, biasanya kan kalian akan mendapatkan rasa yang manis didalam gudeg tetapi tidak jika di Gudeg Bu Hj. Amad.

Gudeg Bu Tjitro
Masih ada lagi gudeg yang mungkin cocok dengan selera Anda, warung makan ini terletak di JEC atau kepanjangan dari Jogja Expo Centre. Lebih tepatnya gudeg ini berada di Jln. Janti No 330 Yogyakarta yang cukup strategis bila berawal dari 1o1 Jogja Malioboro. Sajian yang akan dihidangkan gudeg uni adalah nasi yang pulen, gedug yang cenderung kering, krecek, dan pilihan lauk lainnya. Perbedaan gudeg ini dengan gudeg lainnya terletak pada buntel, yaitu daun papaya yang disayur tetapi sudah dihilangkan rasa paitnya. Lauknya memang hampir sama dengan yang ada ditempat lain, seperti tahu, tempe, dan juga telor. Pilihan menunya ternyata tidak hanya gudeg, tetapi juga Ayam herbal, sup kembang tahu. Dan juga calamari hot ring. Pilihan bersantap, bisa juga dilesehan atau dikursi. Tempat ini buka dari pukul 9 pagi sampai dengan 10 malam. Gudeg Bu Tjitro memang selalu menyajikan banyak gudeg untuk penggemarnya, kalian tidak perlu takut kehabisan. Bahkan, tamu juga bisa membawa pulang gudeg dalam bentuk kaleng yang bisa bertahan sampai satu tahun.



The 1o1 sendiri memang terbilang baru di Yogyakarta, kalian bisa menemukan hotel ini di Jalan Margoutomo No. 103, Mangkubumi, Yogyakarta. Hotel bintang empat ini memiliki 150 kamar dengan beberapa pilihan jenis kamar. Hotel ini memang sangat dekat dengan pusat oleh-oleh, yaitu Jalan Malioboro. Kalian bisa menemukan Malioboro dengan hanya 5 menit berjalan kaki. Interior yang bisa kalian nikmati disini bergaya modern dan juga dilengkapi dengan fasilitas wi fi. Kalian juga bisa menikmati setiap kamar yang terdiri dari Tv kabel, Ac, dan juga alat pembuat kopi. Kamarnya juga dilengkapi dengan minibar dan juga area tempat duduk tempat Anda bersantai dengan keluarga. Menikmati gudeg Jogja dan juga menginap di 1o1 Jogja Malioboro memang perpaduan yang sempurna. Jika anda ingin menjadikan hotel ini sebagai sarana akomodasi anda bisa segera melakukan reservasi hotel di salah satu web travel seperti bookpanorama.com yang menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk berbagai kegiatan.

No comments:

Post a Comment